Mengenal sosok inspiratif dunia fashion, Siapa Dia ?


Mengenal sosok inspiratif dunia fashion, Siapa Dia ? image

Amancio Ortega Lahir di Leion, Spanyol, Maret 1936, dari pasangan yang tidak dikenal. Diduga ayahnya berprofesi sebagai pekerja rel kereta api, sedangkan ibunya adalah seorang pelayan. Ortega tidak mendapat pendidikan formal yang tinggi, dia memulai karir ketika remaja di La Coruna, Spanyol, pusat dari industri tekstil Iberian. Ketika usia 13 tahun, Ortega bekerja sebagai kurir pengantar untuk seorang pembuat pakaian yang memproduksi pakaian untuk orang kaya. Lalu kemudian dia bekerja sebagai asisten penjahit baju dan gorden. Ortega belajar tentang pentingnya mengirim produk langsung ke konsumen tanpa menggunakan distributor, dan hal ini terbukti berguna kelak di toko yang didirikannya yakni Zara.

.

Diawal 1960-an Ortega menjadi manajer toko pakaian lokal, dimana dia menyadari bahwa hanya sedikit penduduk kaya yang mampu membeli pakaian mahal. Dengan begitu dia mulai menghasilkan barang yang sama dengan harga lebih murah, membeli kain yang lebih murah di Barcelona dan membuat potongan-potongan dengan tangan memakai pola kardus. Ortega kemudian menjual barangnya kepada toko lokal. Dia mempergunakan keuntungannya untuk mendirikan pabrik pertamanya pada tahun 1963 saat dia berumur 27 tahun.

.

Tahun 1975, Ortega membuka toko Zara pertama di seberang jalan dari La Coruna Departement Store yang sangat besar. Dia menjadi terkenal karena memilih lokasi paling baik untuk outlet-outletnya. Zara segera mendapat reputasi atas penjualan fashion-fashion desainer yang berkualitas dengan harga yang masuk akal. Tujuan Zara adalah mendemokrasikan fashion. Berbeda dengan ide fashion sebagai previlage, Zara menawarkan fashion yang dapat diakses, dan dekat dengan segala jenis konsumen.

.

Zara menjadi begitu sukses dimana iklan hampir tidak diperlukan, karena informasi dari mulut ke mulut sudah sangat cukup dalam mempertahankan penjualan. Bahkan para konsumen sangat hafal kapan stock baru datang dan kapan habis, itulah kesuksesan dari Zara yang sesungguhnya dalam mendekatkan diri kepada para konsumennya.

.

Usaha Bisnis Ortega akhirnya mendorongnya untuk mendirikan Inditex. Inditex menjadi perusahaan tekstil multinasional yang paling besar di Spanyol dan salah satu yang terbesar di dunia. Saat ini jumlah karyawan yang bekerja pada seluruh jaringan bisnis yang dimiliki Ortega lebih dari 12.000 orang tersebar di seluruh dunia.

.

Ortega merupakan sosok yang rendah hati sekaligus tertutup. Dia tidak pernah memberikan wawancara pada media, dan sangat sedikit sekali informasi yang bisa didapatkan mengenai sosok dirinya. Dia jarang menghadiri acara-acara resmi. Ortega juga dikenal sebagai Bos yang merakyat. Dia tidak pernah memakai dasi untuk bekerja. Bahkan pada saat dia dinyatakan sebagai orang terkaya di Spanyol tidak ada perayaan apapun, dia hanya bekerja seperti biasanya. Mungkin dikarenakan sejarah masa lalunya yang berasal dari kalangan sederhana membuat dia selalu dapat menyikapi kesuksesannya secara bijak dan tidak congkak seperti yang biasa terjadi pada banyak pengusaha lainnya.

.

Source : m3d14ku